Jika anda mencari official site UGM, klik www.ugm.ac.id

Informasi dan Tutorial

FAQ Mail UGM

Frequently Asked Question for UGM Mail Service & Web Hosting

UPU Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Copyleft © 2005 Komunikasi Publishing Project


Question

  1. Sebenarnya apa sih layanan Mail UGM itu?
  2. Untuk siapa sajakah layanan ini? Bolehkan saya mendaftar?
  3. Bagaimana jika saya ingin mendaftar?
  4. Kok ada domain email @ugm.ac.id @mail.ugm.ac.id dan @student.ugm.ac.id apa bedaya?
  5. Trus bagaimana nasib account email di @ugm.ac.id dan @student.ugm.ac.id ?
  6. Baik, saya sudah memiliki alamat email @ugm.ac.id dan masih ingin menggunakannya selama beberapa bulan ke depan, bagaimana cara menggunakannya?
  7. Saya baru saja terdaftar, berarti alamat email saya @mail.ugm.ac.id, lalu bagaimana cara menggunakannya?
  8. Saya mencoba login menggunakan webmail, tapi kok gagal terus. Bagaimana ini?
  9. Bagaimana caranya merubah password mail saya?
  10. Apapula itu POP3 dan IMAP?
  11. Apakah Mail UGM menyediakan layana POP3 dan IMAP?
  12. Sebenarnya apa sih layanan Web Hosting UGM itu?
  13. Untuk siapa sajakah layanan ini? Bolehkan saya mendaftar?
  14. Bagaimana jika saya ingin mendaftar?
  15. Alamat domain apa yang saya dapatkan nantinya setelah saya terdaftar?
  16. Fasilitas apa saja yang bisa saya dapatkan di layanan Web Hosting UGM?
  17. Saya dengar di server hosting ada cpanel, apakah itu?
  18. Saya baru saja terdaftar, bagaimana cara mengisi website saya?
  19. Bagaimana cara untuk membuat database MySQL pada website saya?
  20. Bagaimana caranya merubah password hosting saya?
  21. Bagaimana memperoleh bantuan teknis?

Answers

1.Sebenarnya apa sih layanan Mail UGM itu?

Layanan Mail UGM adalah layanan pembuatan account email bagi seluruh civitas akademika UGM. Layanan ini disediakan oleh UPU PPTIK (a.k.a Puskom) secara gratis dan berlaku selamanya (seumur hidup).

 

2. Untuk siapa sajakah layanan ini? Bolehkan saya mendaftar?

Seperti disebutkan di atas, layanan ini ditujukan bagi seluruh civitas akademika UGM, baik itu staff pengajar, staff non pengajar dan seluruh mahasiswa UGM dan alumni. Jika anda adalah salah satu dari elemen di atas, maka anda bisa mendaftar untuk memiliki account pada Mail UGM.

 

3. Bagaimana jika saya ingin mendaftar?

Jika anda ingin mendaftar, silahkan datang ke bagian perpustakaan UPU PPTIK (a.k.a Puskom) untuk mengisi formulir pendataran. Pendaftaran secara online akan bisa dilakukan segera, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan lupa untuk membawa copy identitas anda sebagai civitas UGM.

 

4. Kok ada domain email @ugm.ac.id @mail.ugm.ac.id dan @student.ugm.ac.id apa bedaya?

Ya, saat ini ada tiga domain email yang valid yaitu @ugm.ac.id, @mail.ugm.ac.id dan @student.ugm.ac.id. Hal ini berkaitan dengan sejarah layanan Mail UGM. Pada awalnya, ada 2 jenis layanan mail yang disediakan oelh puskom, yaitu @ugm.ac.id yang diperuntukkan bagi staff baik pengajar maupun non pengajar, dan @student.ugm.ac.id yang diperuntukkan bagi mahasiswa. Kemudian dalam perkembangannya, mulai 1 September 2004, layanan email bagi seluruh civitas UGM disatukan ke dalam domain @mail.ugm.ac.id. Jadi, bagi anda yang mendaftar sesudah tanggal 1 September 2004, maka alamat email anda adalah @mail.ugm.ac.id

 

5. Kok ada domain email @ugm.ac.id @mail.ugm.ac.id dan @student.ugm.ac.id apa bedaya?

Anda yang memiliki email pada domain @ugm.ac.id masih bisa tetap menggunakan email anda. Tetapi walaupun layanan pada domain ini akan tetap dipertahankan, namun pengembangannnya pada masa mendatang tidak akan ditambah.
Sedangkan jika anda memiliki account email pada @student.ugm.ac.id, anda masih tetap bisa menggunakan layanan email pada domain @student.ugm.ac.id sampai batas waktu 1 tahun ke depan.
Selanjutnya, anda sangat disarankan untuk mendaftar/berpindah ke alamat @mail.ugm.ac.id

 

6. Baik, saya sudah memiliki alamat email @ugm.ac.id dan masih ingin menggunakannya selama beberapa bulan ke depan, bagaimana cara menggunakannya?

Untuk tetap bisa menggunakan layanan mail pada @ugm.ac.id, tidak ada perubahan prosedur penggunaan. Anda tetap bisa menggunakan email seperti biasanya. Anda bisa menggunakan mail client ataupun menggunakan webmail di http://mail.ugm.ac.id

 

7. Saya baru saja terdaftar, berarti alamat email saya @mail.ugm.ac.id, lalu bagaimana cara menggunakannya?

Jika anda terdaftar sesudah 1 September 2004, berarti anda memiliki alamat email @mail.ugm.ac.id. Ada beberapa cara menggunakannya.
Yang pertama menggunakan webmail pada alamat http://mail.ugm.ac.id. Pada field login, silahkan masukkan alamat email anda secara lengkap. Jika email anda adalah warga@mail.ugm.ac.id, maka silahkan isikan alamat email pada field login. Kemudian isikan juga passwordnya, dan klik login.
Cara yang kedua, anda bisa menggunakan mail client semacam outlook atau KMail. Di sini anda bisa menggunakan protkol IMAP atau POP3. server incomingnya adalah incoming.ugm.ac.id untuk pop3 ataupun imap dan outgoingnya menggunakan outgoing.ugm.ac.id. Seperti halnya pada webmail, isikan alamat email lengkap pada filed username. Jika anda tidak mengetahui apakah IMAP dan POP3 itu (lihat di point 10 FAQ ini), maka sebaiknya anda menggunakan cara pertama yaitu menggunakan webmail.

 

8. Saya mencoba login menggunakan webmail, tapi kok gagal terus. Bagaimana ini?

Jika telah terdaftar, dan gagal ketika mencoba login pada webmail perhatikan beberapa hal berikut.
Pertama, pastikan anda memasukkan alamat email lengkap pada field login. Sebagai contoh, jika email anda adalah warga@mail.ugm.ac.id, maka pastikan anda mengisikan warga@mail.ugm.ac.id pada field login dan bukan "warga" saja.
Kedua, perhatikan penulisan huruf besar dan kecil pada password anda. Sistem email ini membedakan penggunakaan huruf besar dan kecil.
Ketiga, bahwa memang anda sudah terdaftar :)
Jika ketiga hal tersebut sudah anda penuhi dan anda tetap belum bisa login, maka silahkan hubungi support staff kami.

 

9. Bagaimana caranya merubah password mail saya?

Untuk merubah password anda, anda bisa lgin menggunakan webmail. Kemudian setelah login, anda bisa masuk ke bagian Option, dan di situ ada menu mengganti password.

 

10. Apapula itu POP3 dan IMAP?

Arti dari POP3 sendiri ada di sini. Sedangkan arti IMAP ada di sini.

 

11. Apakah Mail UGM menyediakan layana POP3 dan IMAP?

Mail UGM menyediakan layanan IMAP dan POP3. Server incomingnya adalah incoming.ugm.ac.id untuk pop3 dan imap.ugm.ac.id untuk imap sedangkan outgoingnya adalah outgoing.ugm.ac.id dengan port standard.

12.Sebenarnya apa sih layanan Web Hosting UGM itu

Layanan Web Hosting UGM adalah layanan penyediaan hosting website bagi seluruh civitas akademika UGM dan lembaga-lembaga di lingkungan UGM. Layanan ini disediakan oleh UPU PPTIK (a.k.a Puskom) secara gratis dan berlaku selamanya (seumur hidup).

 

13. Untuk siapa sajakah layanan ini? Bolehkan saya mendaftar?

Seperti disebutkan di atas, layanan ini ditujukan bagi seluruh civitas akademika UGM, baik itu staff pengajar, staff non pengajar dan seluruh mahasiswa UGM dan alumni. Layanan juga tersedia bagi lembaga-lembaga di lingkungan UGM, baik itu lembaga organik kampus maupun lembaga kemahasiswaan. Jika anda adalah salah satu dari elemen di atas, maka anda bisa mendaftar untuk memiliki account pada Mail UGM.

 

14. Bagaimana jika saya ingin mendaftar?

Jika anda ingin mendaftar, silahkan datang ke bagian perpustakaan UPU PPTIK (a.k.a Puskom) untuk mengisi formulir pendataran. Pendaftaran secara online akan bisa dilakukan segera, saat ini masih dalam tahap pengembangan. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Jangan lupa untuk membawa copy identitas anda sebagai civitas UGM. Formulir pendaftaran juga bisa didownload di sini.

 

15. Alamat domain apa yang saya dapatkan nantinya setelah saya terdaftar?

Jika anda mendaftar sebagai personal, maka anda akan mendapatkan alamat http://web.ugm.ac.id/namaanda yang juga dialiaskan ke http://namaanda.web.ugm.ac.id

Sedangkan untuk lembaga, alamatnya akan bervariasi. Untuk lembaga di tingkat universitas, alamatnya adalah http://namalembaga.ugm.ac.id. Sedangkan untuk lembaga di tingkat fakultas, alamatnya adalah http://namalembaga.namafakultas.ugm.ac.id.

 

16.Fasilitas apa saja yang bisa saya dapatkan di layanan Web Hosting UGM?

Secara default, anda akan mendapatkan space hosting pada server yang mendukung teknologi PHP dan MySQL. Kuota default adalah 50M. Setiap user dapat membuat 1 database MySQL. Juga tersedia program host manager yaitu cpanel yang memungkinkan anda untuk melakukan manajemen terhadap account hosting anda. Untuk upload data, disediakan protokol ftp

 

17. Saya dengar di server hosting ada cpanel, apakah itu?

Cpanel adalah sebuah program host manager. Dengan cpanel, anda bisa melakukan manajemen hosting anda mulai dari edit file, managemen database, ganti password dan lain-lain. Untuk masuk ke cpanel, anda bisa mengakses http://web.ugm.ac.id/namaanda/cpanel, kemudian masukkan userid dan pasword anda.

 

18. Saya baru saja terdaftar, bagaimana cara mengisi website saya?

Jika yang anda maksud adalah bagaimana membuat website, anda bisa mencari referensi-referensi tentang design dan pembuatan website di berbagai situ di internet. Selain itu di toko buku juga sudah banyak sekali buku-buku yang membahas tentang desain dan pembuatan website.

Jika yang anda maksud adalah bagaimana mengupload website anda, ada 2 cara untuk melakukannya. Cara pertama menggunakan cpanel. cpanel juga memiliki fasilitas upload file. Tetapi fasilitas ini memiliki keterbatasan yaitu upload file hanya bisa dilakukan file per file, tidak bisa langsung mengupload sebuah direktory. Cara yang kedua adalah menggunakan program ftp client. Ada banyak program ftp client yang ada. Untuk Sistem Operasi Windows, anda bisa menggunakan Coreftp, CuteFTP atau WSFTP. Perlu diketahui bahwa program WinSCP tidak bisa digunakan di sini karena WinSCP tidak menggunakan protokol ftp. Sedangkan untuk Sistem Operasi keluarga Unix, anda bias menggunakan gFTP.

 

19. Bagaimana cara untuk membuat database MySQL pada website saya?

Untuk membuat database MySQL, silahkan login ke cpanel. Kemudian pilih menu MySQL Databases. Dari situ anda bisa membuat database dan user untuk database anda. Perlu diketahui bahwa ketika anda membuat database, maka otomatis user id anda akan menjadi prefix bagi database anda. Jadi jika anda membuat database yang bernama ndata maka otomatis cpanel akan memberi prefix userid pada nama database anda, sehingga nama database anda adalah userid_ndata. Dan userid_ndata lah yang anda masukkan ke connection string anda. Demikian pula dengan user database anda.

 

20. Bagaimana caranya merubah password hosting saya?

Anda bisa melakukannya dari cpanel. Silahkan explore berbagai fasilitas pada cpanel

 

21. Bagaimana memperoleh bantuan teknis?

Silahkan hubungi komunikasi[at]ugm.ac.id atau kontak ke Komunikasi di 0274-515660.


 


Kembali ke halaman utama